China Protes Nama Laut Natuna Utara, Menteri Susi Tak Peduli

Penggunaan nama Laut Natuna Utara menuai kontroversi. Pemerintah China memprotes nama itu lantaran dianggap memperkeruh suasana politik negara di sekitar Laut China Selatan.

Namun, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, tidak habis pikir dengan protes yang dilontarkan oleh China. Sudah jelas Natuna merupakan wilayah Indonesia dan yang diberi nama hanya perairan di sekitar Pulau Natuna.

“Loh itu kan laut yang wilayah kita, Laut Natuna Utara, bukan Laut China Selatan. Itu Laut China Utara,” ujar menteri Susi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selatan (18/7/2017.

Dia seakan tidak peduli sama sekali dengan protes yang dilontarkan oleh China. Bagi dia tidak ada yang salah dengan penggunaan nama Laut Natuna Utara.

“Kenapa tidak? Kan itu laut Natuna Utara kita,” pungkas dia.

Kementerian Luar Negeri China pada Jumat 14JUli menyebut pemakaian nama baru untuk perairan di utara Kepulauan Natuna sebagai hal yang tidak kondusif.

Sebelumnya, Deputi I Kementrian Koordinator Kemaritiman RI Arif Havas Oegroseno mengatakan pemerintah memilih nama Laut Utara berdasarkan penamaan yang telah lebih dulu digunakan industri migas untuk perairan tersebut.

Arif menjelaskan, selama ini, sudah ada sejumlah kegiatan migas dengan menggunakan nama Natuna Utara dan Natuna Selatan, sehingga penamaan Laut Natuna Utara akan menguatkan kejelasan dan kesamaan dalam landas kontinen di perairan itu.